Seminar Nasional Pendidikan IPS Tahun 2019 Bertemakan Pendidikan Karakter



 Seminar Nasional Pendidikan IPS pada Tahun 2018 Lalu
HIMA Pendidikan IPS- Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS atau yang biasa disebut HIMA DIPSOS akan mengadakan Seminar Nasional pada Hari Sabtu, 19 Oktober 2019 bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta. Pada seminar nasional tahun ini mengambil tema pendidikan karakter dengan tajuk “Optimalisasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS Guna Membentuk Generasi Indonesia Emas 2045” dengan mengundang tiga pembicara yaitu Prof. Dr. Ir. C Danisworo (ketua dewan pendidikan DIY), Ponidi, S.Pd. (Kepala SMP N 4 Pakem), dan Drs. Saliman, M.Pd. (dosen jurusan pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial UNY).
Ketiga pembicara tesebut merupakan tokoh-tokoh penting dimana ketua dewan pendidikan bertugas mengawasi kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pendidikan termasuk didalamnya penerapan pendidikan karakter di sekolah. SMP N 4 Pakem merupakan salah satu sekolah yang mengembangkan pendidikan karakter, hal itu dapat ditunjukan dengan branding “Sekolah Berkarakter Juara”.  Sementara, Drs. Saliman, M.Pd. merupaka salah satu dosen pendidikan IPS yang berperan penting dalam terwujudnya pendidikan karakter yang menjadi core dari jurusan pendidikan IPS.
 Seminar nasional ini bertujuan untuk membekali calon guru atau guru agar mampu menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran kepada peserta didik. Karakter menjadi poin penting yang harus dimiliki oleh peserta didik khususnya yang sekarang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) dimana mereka yang nantinya akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa. Senada dengan harapan yang telah diwacanakan yaitu Indonesia Emas 2045 maka perlu menyiapkan generasi-generasi penerus bangsa yang berkarakter. Pada tahun tersebut diharapkan Indonesia mampu menjadi negara yang unggul di dunia. Sebagai langkah mewujudkan hal tersebut dibutuhkan orang-orang yang berkarakter. Seperti pada seminar nasional pada tahun 2018 yang dihadiri oleh lebih dari 250 peserta. Pada seminar nasional tahun 2019 juga diharapkan mampu dihardiri peserta yang lebih besar lagi. (Aji)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Selamat Datang di Blog Resmi Pendidikan IPS FIS UNY