HIMA Pendidikan IPS Peduli, Wujudkan Pengabdian Masyarakat


Foto Bersama Pengurus HIMA Pendidikan IPS ketika Adakan Pengabdian Masyarakat di Pantai Goa Cemara

HIMA Pendidikan IPS- Sabtu, 21 September 2019 akan diadakan acara Puncak Pengabdian Masyarakat di Pantai Goa Cemara, Kabupaten Bantul. Yogyakarta. Rencananya, kegiatan inti dari acara puncak ini adalah presentasi pengabdian dan pelepasan tukik penyu oleh mahasiswa baru program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial serta panitia yang terdiri dari anggota Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 2019. Tukik dipilih dikarenakan mengingat populasi penyu yang menipis dewasa ini karena banyaknya sampah-sampah di lautan lepas.
Program kerja Pengabdian Masyarakat merupakan kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial divisi Sosial dan Politik. “Sebelum acara puncak, Pengabdian Masyarakat mempunyai serangkaian kegiatan yaitu mahasiswa baru dibagi menjadi delapan kelompok pengabdi. Kedelapan kelompok tersebut nantinya akan diberi waktu selama satu minggu dimulai dari tanggal 4 September 2019 sampai 11 September 2019 untuk mengabdi kepada masyarakat,” ungkap M. Shafly Farrabi selaku ketua panitia Pengabdian Masyarakat 2019. Tema-tema pengabdian antara lain; TPA, Daur Ulang, Rumah Belajar, dan Sociopreneur. Setiap kelompok pengabdi akan didampingi oleh satu pemandu dari panitia.
Selesai mengabdi, mahasiwa baru ditugaskan untuk membuat essay mengenai tema-tema yang bersangkutan serta laporan kegiatan setiap harinya. Isi dari essay tersebut tak lepas dari kegiatan-kegiatan yang telah mereka berikan kepada masyarakat selama satu minggu. Laporan yang sudah tersusun kemudian di presentasikan kepada mahasiswa Pendidikan IPS pada saat puncak acara di Pantai Goa Cemara dalam bentuk powerpoint.
Dengan diselenggarakannya program kerja Pengabdian Masyarakat ini diharapkan mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial lebih peka terhadap masalah-masalah sosial di masyarakat serta dapat mewujudkan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Panitia berharap kegiatan ini akan berjalan rutin setiap tahunnya dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat maupun mahasiswa itu sendiri. (Ainaya)


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Selamat Datang di Blog Resmi Pendidikan IPS FIS UNY