ALMAPIPSI (ALIANSI MAHASISWA PENDIDIKAN IPS SELURUH INDONESIA)



Foto Perwakilan Pengurus HIMA Pendidikan IPS dalam ALMAPIPSI

HIMA Pendidikan IPS- ALMAPIPSI (Aliansi Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Seluruh Indonesia) merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa IPS dalam berorganisasi di tingkat nasional. ALMAPIPSI dalam satu periode mengadendakan RAKERNAS (Rapat Kerja Nasional) dan MUNAS (Musyawarah Nasional). Dalam periode tahun ini, RAKERNAS dilaksanakan pada tanggal 5-8 April 2019 di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dengan tema “Menumbuhkan Solidaritas dan Integritas Melalui Rencana Kerja yang Nyata”. Acara dihadiri oleh Universitas Negeri Yogyakarta, IAIN Ponorogo, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Dalam kegiatan RAKERNAS Tahun ini, diselenggarakan beberapa rangkaian acara, diantaranya: Dialog Kepemudaan dan Pelantikan, Rapat Kerja Nasional, dan City Tour. Dialog Kepemudaan dan Pelantikan diselenggarakan pada hari Sabtu, (6/4/2019) dengan tema “Peran Mahasiswa dalam Menangkal Berita Hoax dan Ujaran Kebencian di Tahun Politik” dengan narasumber yaitu, Toyo Fachrudin, S.IP., M.Med.Kom. (Pemimpin Redaksi Redar Banjarmasin) dan Reja Fahlevi, M.Pd. (Akademisi Kewarganegaraan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin). Peserta yang mengikuti dialog kepemudaan sejumlah 97 orang. Kegiatan dialeg kepemudaan ini berlangsung selama 2 jam. Mahasiswa dari berbagai Universitas yang terpilih menjadi Pengurus Pusat dan Koordinator Wilayah dilantik oleh Dosen Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, yaitu Ibu Mutiani, M.Pd.
Kemudian, diadakan pula Rapat Kerja yang terdiri dari tiga Sidang Pleno. Sidang pleno pertama membahas dan menetapkan tata tertib persidangan RAKERNAS ALMAPIPSI. Sidang pleno kedua membahas dan menetapkan Job Description pengurus pusat dan koordinator wilayah guna mempermudah dan mengklasifikasikan susunan organisasi yang lebih terarah. Sidang Pleno ketiga menetapkan program kerja selama satu periode kepengurusan yang disepakati forum persidangan.
Mengenal Banjarmasin lebih lanjut, terdapat kegiatan City Tour. Dalam acara city tour peseta ALMAPIPSI diajak keliling-keliling Kota Banjarmasin, yaitu ke pasar terapung, Pulau Kembang, dan pembuatan batik sasirangan, serta melihat ragam budaya dan wisata yang ada di Banjamasin. (Ningsih)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Selamat Datang di Blog Resmi Pendidikan IPS FIS UNY