DIPS RnD Conference Ambil Tema Go PKM to be Schoolar



Suasana Workshop PKM Lima Bidang yang Berjalan Kondusif

HIMA Pendidikan IPS- (Sleman, 10 Mei 2019), diadakan DIPS RnD Conference bertempat di ruang Ki Hajar Dewantara, FIS UNY. Kegiatan tersebut merupakan seminar dan workshop pembuatan PKM lima bidang. Kegiatan ini merupakan program kerja dari Hima DIPSOS bidang Penelitian dan pengembangan (Litbang) dan diikuti oleh 120 peserta dengan antusias, baik dari mahasiswa Pendidikan IPS, maupun dari mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial lainnya.
DIPS RnD Conference dimulai pada pukul 08.00 WIB dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia DIPS RnD Conference dan salah satu dosen dari Pendidikan IPS. Kegiatan tersebut dimulai dengan dua pembicara dari dosen UNY, yaitu Sukinah, M.Pd. sebagai pembicara 1 dan Beni Setiawan, M.S.I. sebagai pembicara 2. Seminar dibuka dengan pengenalan PKM lima bidang dan ketentuan-ketentuan yang harus terdapat dalam PKM oleh Sukinah, M.Pd. dengan semangat. Selanjutnya, Beni Setiawan, M.S.I. mengisi materi seminar dengan kiat-kiat sukses PKM lima bidang. Setelah materi selesai disampaikan, beberapa peserta terlihat kritis bertanya, salah satunya peserta bernama Ndaru yang bertanya mengenai menjaga kerjasama tim sehingga tidak terjadi konflik yang membuat tim PKM tersebut pecah. Selanjutnya, acara dihentikan sejenak untuk istirahat dan sholat kemudian dilanjutkan pemateri sesi kedua dari mahasiswa UNY yang berprestasi pada PKM lima bidang.
Ketua panitia DIPS RnD Conference, Puji Tri Astuti menjelaskan bahwa “kegiatan tersebut dilaksanakan guna memahami cara menulis dan membuat karya tulis ilmiah yang baik serta diharapkan mahasiswa, khususnya dari Pendidikan IPS mampu membuat proposal PKM proposal PKM lima bidang yang membawa kebermanfaatan bagi dunia Pendidikan dan lingkungan masyarakat secara umum.”
Acara dilanjut pada pukul 13.30 WIB dengan materi dari dua mahasiswa UNY yang berprestasi pada PKM dan lolos PIMNAS, yaitu Hervina Nur Awanda dan Siti Handayani. Kedua pembicara tersebut menyampaikan pengalaman ketika membuat proposal PKM hingga lolos PIMNAS dan motivasi kepada peserta agar mau membuat proposal PKM. Kemudian dilanjut dengan sesi tanya jawab. Setelah itu, acara dilanjut dengan tutor membagi peserta kedalam 10 kelompok dengan diisi pemandu dari mahasiswa yang cukup berprestasi dalam PKM lima bidang, seperti Yoland Fajar yang kompeten dalam PKM Pengabdian Masyarakat. Setiap kelompok nantinya akan membuat PKM, mulai dari ide hingga program yang akan dijalankan. Acara DIPS RnD Conference selesai pada pukul 16.00 WIB. (Ndaru)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Selamat Datang di Blog Resmi Pendidikan IPS FIS UNY